Senin, 28 Februari 2011

Anak Indonesia Masuk Situs Australia

Cukup Berbangga hati ternyata ada juga karya anak bangsa dikancah internasional,,
Oops yang ini dibidang hack,,hehehe
Aksi pertama yang dilakukan oleh tarjo bukanlah aksi yang tergolong mahir/canggih dan tidak ada sangkut pautnya pernyataan sikap terhadap Australia. Yang dilakukan tarjo tersebut hanyalah "kebetulan" menemukan hole "hanya" di 1 server yang terletak di Australia, yaitu server milik perusahaan hosting ausinternet.com.au di IP 66.33.0.61. Jadi lantaran 1 server hostingnya tidak secure, maka puluhan situs yang berada dalam server itu secara otomatis terbuka/rawan untuk di-defaced. Jadi aksi tarjo tersebut bukanlah secara random memilih satu per-satu situs australia, tetapi kebetulan mengincarnya server hosting di Australia dan dia mendapatkan "1 pintu" untuk masuk ke banyak situs sekaligus.

Aksi tarjo tersebut tak lain hanyalah untuk mempromosikan dirinya atau komunitasnya. Seorang hacker yang menjebol suatu situs dengan tujuan "murni" untuk mengingatkan adminnya atau untuk tujuan "politik", dia tidak akan "menyapa" teman-temannya atau nama kelompoknya. Contohnya adalah aksi Fabian Clone dan K-Elektronik beberapa tahun lalu. Mereka hanya meninggalkan alamat e-mail mereka atau "hanya" nama kelompok mereka.
Sedangkan yang dilakukan tarjo adalah dengan menyapa teman-temannya (marshallz, pungky dan syzwz) dan menyebutkan nama tempat komunitasnya berkumpul (#cafeblue). Aksi ini adalah sekedar promosi nama channel mereka, serupa dengan aksi yang kerap dilakukan oleh kelompok #antihackerlink dan #medanhacking. Jadi pada awalnya ini bukan satu bentuk kepedulian hacker terhadap nasib Indonesia - Australia, tetapi mereka memanfaatkan isu tersebut untuk menaikkan nama mereka.
Saya akan postingkan beberapa data dari server IRC.

Motif
Sebenarnya pelaku tidak ada maksud secara sengaja untuk menghack situs Australia, namun kebetulan menemukan hole di 1 server yang terletak di Australia, selain itu seperti kebanyakan hacker, pelaku ini ingin mempromosikan dirinya atau komunitasnya

Solusi
Sebenanrnya ini hanya berlandaskan keceroboohan manusia, diamana kurang telitinya divisi yang khusus menangani server ini, sehingga bisa dimanfaatkan oleh orang lain..

Sumber :
http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/2002_Serangan_Hacker_Indonesia_ke_Australia
http://static.inilah.com/data/berita/foto/1050252.jpg

0 komentar:

Posting Komentar

 

©2009 Aduk-Udik | by TNB