Selasa, 15 Juni 2010

How To Improve My Softskill

Softskill, merupakan sesuatu yang sulit untuk di jabarkan, tetapi jika seseorang mendengar kata "Softskill", sudah bisa dipastikan orang yang mendengar itu mengerti akan arti dari subuah kata "softskill".
kali ini saya mencoba membahas mengenai bagaimana meningkatkan kemampuan softskill kita??

sebenarnya banyak sekali cara yang dapat kita jalani untuk meningkatkan softskill kita, misalnya saja saya masih aktif dalam kegiatan organisasi di SMA, awalnya saya merupakan anggota  paskibra swwaktu SMA, disana banyak sekali yang bisa saya dapatkan khususnya dalam hal softskill, kita diajari bagaimana bersikap, bagaimana cara mengeluarkan kata-kata, dan juga bagaimana cara kita menghadapi suatu masalah, terutama masalah-masalah yang menuntut tanggung jawab dari setiap individu, setelah lulus saya masih aktif dan dipercaya leh pihak sekola untuk melatih jika ada acara-acara perlombaan, otomatis pertanggungjawaban saya yang dituntut. tapi itu bukan halangan, kita bisa sambil belajar. jadi menurut saya dengan mengikuti suatu organisasi kita dapat meningkatkan softskill kita, sekarang saya juga tergabung sebagai programmer di salah satu laboratorium di universtas gunadarma, disana saya dituntut untuk bertangung jawab menjaga semua komputer untuk digunakan oleh praktikan, pernah juga saya di beri tanggung jawab untuk mengajar salah satu kelas akuntansi, saya dipercaya untuk mengajar spreedsheet, otomatis saya harus menguasai materi tersebut, dansecara tidak disadari kita juga belajar untuk menghadapi para praktikan, bagaimana cara kita berbicara, bagaimana cara kita menjawab pertanyaan, yang sulit sekalipun.

kesimpulan yang bisa diambil dalam hal ini ialah, sebenarnya banyk hal disekeliling kita yang bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan softskill kita, misalnya saja perkumpulan remaja masjid atau yang lainnya.

ada pula beberapa poit untuk meningkatkan kemampuan softskill kita,
diantaranya ialah :

Aktif
bicara soal aktif, sebenarnya sudah saya jabarkan di atas,,
intinya, dengan aktif di berbagai aktivitas kita dapat memperoleh banyak pengetahuan, wawasan bahkan dapat menambah banyak teman.


Menyadari kelemahan dan kelebihan diri sendiri
dalam hidup, seseorang pastilah memiliki kelebihan dan kekurangan. tapi bukan membanggakan kelebihan ataupun mencemooh kekurangan yang penting untuk ditonjolkan.
tapi bagaimana sikap kita untuk mensyukuri kelebihan dan memperbaiki kekurangan.

buruknya :
Asep gampang panik,

baiknya :
care,bae,setia kwan,rajin untk ukuran cwo,pantang nyerah wat ngdptin sesuatu,mw blajar,pokoknya tmen seperjuangan bgt dah apalagi pas pi,hehe.... See More
Gantian Sep,d inbox aja tpinya..


itu kata mereka,, 

dengan pendapat-pendapat ini mudah-mudahan saya menjadi manusia yang lebih baik.

Dapat mengelola waktu
bagaimana kita memanage waktu yakni dengan memanfaatkan waktu luang. Seringkali kita terlena oleh waktu luang dan longgar untuk terus bersantai dan tidak melakukan apa-apa, perlu digaris bawahi bahwa hal tersebut bukan berarti tidak boleh refreshing dan istirahat, kedua hal tersebut memang perlu, namun jangan kita terlena dan terus-terusan hanyut dalam santai yang berkepanjangan. Hendaknya kita dapat mempergunakan waktu secara tepat dan efisien, dari setiap waktu luang kita gunakan menyelesaikan apa yang dapat diselesaikan untuk waktu dekkat bahkan mencicil untuk jangka panjang. Namun jangan juga terlalu keras memaksakan diri, tapi istirahat sejekan serta refresing sebentar perlu untuk menyegarkan pikiran dan badan untuk kembali bekerja. Intinya, prinsip saya, satu hari tanpa menghasilkan sesuatu adalah kerugian
Saya sekarang aktif sebagai programmer disalah satu laboratorium Universitas Gunadarma, selain saya juga masih terdaftar sebagai mahasiswa disana, pastinya banyak yang harus saya pertimbangkan dalam menggunakan waktu, tapi tanpa saya sadari sudah hampir satu tahun saya jalani hal ini tanpa ada kendala, kewajibal di lab saya penuhi juga nilai saya di kampus relatif meningkat, ternyata dengan biasa berorganisasi, dengan sendirinya saya mampu untuk mengatur waktu, walaupun saya merasa letih jika harus pulang malam, karena saya tinggal di Bogor, dan saya harus pulang pergi.
kesempatan untuk bersenang-senangpun bisa saya dapatkan, tidak selalu kerja dan kuliah..
jasi selama ini alhamdulillah saya mampu untuk mengatur waktu,, semua itu berkat terbiasa aktif diorganisasi ..

Instrospeksi terhadap kritikan

setiap hari pastilah ada teman yang memuji dan mengkrtitik. jadikanlah pujian itu sebagai penghargaan dan jadikanlah kritikan sebagai semangat.
orang bijak selalu berbesar hati menerima kritikan. jadikan kritikan tersebut sebagai penyemangat untuk menjadi lebih baik dan pembuktian bahwa kita dapat menjadi lebih baik.
jadi berbesar hatilah untuk menerima perhatian, masih dikritik berarti org lain masih perduli dengan kita.

Bagaimana mengkritik orang lain
dalam mngkritik kita harus menghitung porsi dan ada tata caranya. mengkritik orang boleh namun sebelum mengkritik kita harus introspeksi diri sendiri terlebih dahulu. kritiklah orang dengan kata-kata yang santun serta dengan ucapan yang membangun, agar orang yang kita kritik tidak tersinggung dan tidak menjadi patah semangat. usahakan mungkin sebelum kita mengkritik orang lain, kita mencoba untuk memposisikan diri kita sebagai orang yang akan kita kritik, maka ucapan yang akan keluar dari mulut kita bisa di atur porsi dan tatacaranya.


0 komentar:

Posting Komentar

 

©2009 Aduk-Udik | by TNB