Selasa, 23 Februari 2010

Apa Itu J2ME ?

Kali ini saya akan mencoba menjelaskan secara singkat mengenai J2ME, Java2 Micro Edition atau yang biasa disebut J2ME adalah lingkungan pengembangan yang didesain untuk meletakkan perangkat lunak Java pada barang elektronik yang diciptakan oleh Sun Microsystem. J2ME membawa Java ke dunia informasi, komunikasi, dan perangkat komputasi. J2ME biasa digunakan pada telepon selular, pager, personal digital assistants (PDA) dan sejenisnya (M. Salahuddin, Rosa A.S, 2006:5),

 tentunya dengan dasar java, misalnya telepon selular yang berbasis java. Sebut saja Sony Ericsson, ponsel dengan merk tersebut dapat menjalankan aplikasi-aplikasi yang berbasis java.
Menurut (Budi Raharjo 2007:3) J2ME merupakana kombinasi yang terbentuk antara sekumpulan interface Java yang sering disebut Java API (application Programming Interface) dengan JVM (Java Virtual Machine) yang didisain khusus untuk alat, yaitu JVM dengan ruang yang terbatas. Kombinasi tersebut kemudian digunakan untuk melakukan pembuatan aplikasi-aplikasi yang dapat berjalan diatas alat (dalam hal ini mobile device).

Beberapa keterbatasan teknologi J2ME jika diaplikasikan pada ponsel antara lain:
· J2ME sangat tergantung pada perangkat (device) yang digunakan, bisa dari segi merek ponsel, maupun kemampuan ponsel dan dukungan terhadap J2ME.
· Ukuran aplikasi, memory ponsel yang terbatas.
· Sistem kemanan yang dibuat oleh ponsel yang tidak mengijinkan aplikasi J2ME menulis pada ponsel tersebut.

2 komentar:

Asep Yuliyana mengatakan...

:n:

Unknown mengatakan...

Mantap gan infonya :-D

Download Lagu Minang Terbaru

Posting Komentar

 

©2009 Aduk-Udik | by TNB