Jumat, 02 April 2010

Pentingnya Motivasi


Pada saat tertentu, semangat yang timbul dalam diri seseorang dapat naik dan turun. Kita akan tenang dan nyaman, ketika semangat sedang berada diatas normal. Akan tetapi, kita akan mengalami masalah besar, pada saat semangat sedang berada dibawah normal, karena akan menghambat kemmpuan kita dalam bekerja.
Turunnya semangat seseorang dapat diakibatkan oleh beberapa hal yaitu, adanya masalah dengan lingkungan rumah, masalah dengan lingkungan kerja, masalah dengan lingkungan sekolah, maupun masalah yang timbul dai dalam diri sendiri.
Pada saat semangat seseorang sedang berada dibawah garis normal, sangat dibutuhkan dorongan psikologi, baik dari kerabat keluarga, teman, maupun diri sendiri, sehingga semangat dapat kembali berada diatas garis normal. Dorongan psikologi yang dapat mengembalikan semangat seseorang ini, disebut dengan motivasi.
Namun beberapa sumber seperti Wikipedia Indonesia mengatakan bahwa motivasi adalah dorongan psikologis, yang mengarahkan seseorang ke arah suatu tujuan. Motivasi membuat keadaan dalam diri individu muncul, terarah, dan mempertahankan perilaku. Motivasi juga menjadi dorongan (driving force) bagi seseorang untuk mau melaksanakan sesuatu. Motivasi yang ada pada setiap orang tidaklah sama. Untuk itu diperlukan pengetahuan mengenai pengertian dan hakikat motivasi, serta kemampuan teknik menciptakan situasi sehingga menimbulkan dorongan bagi mereka untuk berbuat atau berperilaku sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh individu lainnya.

Motivasi pada dasarnya adalah kondisi mental yang mendorong dilakukannya suatu tindakan dan memberikan kekuatan yang mengarah kepada pencapaian kebutuhan, memberi kepuasan ataupun mengurangi ketidakseimbangan. Oleh karena itu tidak akan ada motivasi, jika tidak dirasakan rangsangan-rangsangan terhadap hal semacam diatas yang akan menumbuhkan motivasi.

Sumber
Wikipedia Indonesia
Blogger Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

 

©2009 Aduk-Udik | by TNB